Lomba Jelajah Hutan Wanagama Rally XII

Pada Sabtu, 4 Mei 2013 Lomba Jelajah Hutan tingkat SMA/sederajat, Wanagama Rally XII telah berlangsung dengan lancar. Lomba yang berlangsung di Hutan Pendidikan Wanagama I, Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi D. I Yogyakarta, diikuti oleh 75 tim dari berbagai SMA dan organisasi sederajat di Pulau Jawa dan terdiri dari 23 tim putri dan 52 tim putra.

Peserta dengan nomor dada pertama mulai berangkat dari garis start pukul 07.00 WIB dengan jeda pemberangkatan antar tim selama 1 menit. Perlombaan berakhir bersamaan dengan peserta terakhir yang tiba di garis finish pada pukul 10.31 WIB. Sebagian besar peserta mengakhiri perlombaan dalam kondisi yang baik, namun terdapat 2 peserta yang mengalami cidera otot ringan. Kedua peserta ini telah ditangani dengan baik oleh pihak PMI Gunung Kidul sehingga peserta masih dapat megikuti acara selanjutnya.

Lomba jelajah hutan ini terdiri dari dua etape, yakni etape ketepatan dan etape kecepatan. Pada etape ketepatan peserta dituntut untuk dapat mengestimasi waktu yang tepat saat menempuh jalur perlombaan sekaligus  mampu menjawab soal yang disediakan di sepanjang jalur. Soal yang diberikan berkaitan dengan materi-materi yang telah disampaikan pada materi ruang selama  tanggal 2 hingga 3 Mei 2013. Sedangkan pada etape kecepatan peserta bersaing untuk mencapai garis finish dengan waktu tercepat. Di etape ini peserta berusaha berlari secepat mungkin agar segera sampai di garis finish.

Dari hasil perlombaann, juara 1 tim putri berhasil dimenangkan oleh SMAN 1 Salatiga sekaligus sebagai juara umum dan berhak membawa pulang trofi dan uang pembinaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI serta trofi bergilir dari Rektor UGM. Juara 2 dan 3 direbut oleh 2 tim purti dari Saka Wanabhakti Temanggung dan berhak membawa pulang trofi serta uang pembinaan dari Gubernur DIY dan Walikota Yogyakarta. Sementara dari kategori putra, tim SMKN 1 Magelang keluar sebagai juara 1, mereka berhak atas trofi dan uang pembinaan dari Menteri Kehutanan RI. Sementara juara 2 dan 3 kategori putra direbut oleh SMAN 1 Pekalongan serta SMAN 1 Bawang dan mendapat trofi tetap serta sejumlah uang pembinaan dari Gubernur DIY  dan Bupati Gunung Kidul. Selain itu, terdapat penghargaan sebagai tim  favorit dari panitia yang dimenangkan oleh tim putra SMAN 1 Cilegon.

Acara ini juga dihadiri oleh Bpk Sigit Sunarta dan Bpk Sri Danarto selaku perwakilan dari pihak Dekanat Fakultas Kehutanan dan Pembina Mapala Silvagama. Selain itu hadir juga Ibu Ratih dari Dinas Pendidikan Propinsi D. I. Yogyakarta.

Secara keseluruhan kegiatan Wanagama Rally XII berlangsung dengan lancar dan sukses. Peserta dengan semangat dan antusias mengikuti rangkaian kegiatan Wanagama Rally XII. Dari kegiatan ini peserta memperoleh banyak ilmu mengenai lingkungan dan  penerapannya sebagai usaha pelestarian alam. Diharapkan kegiatan ini dapat berlangsung secara berkelanjutan sehingga dapat terbentuk generasi-generasi muda yang berwawasan dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInShare on TumblrPin on Pinterest

One thought on “Lomba Jelajah Hutan Wanagama Rally XII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *