Wanagama Rally XV

Oleh Yusta Elvasonia Duan

Tahun ini Wanagama Rally hadir kembali setelah terakhir kali diselenggarakan pada tahun 2017 lalu. Sudah kali ke-15 Wanagama Rally terselenggara dengan sasaran peserta siswa/siswi SMA sederajat se-Indonesia. WR XV ini mengambil tema besar “Satu Sampah, Seribu Masalah” dengan jargon “Be  Hero, with Zero Waste”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 hingga 29 September 2019, kegiatan ini diikuti oleh 165 peserta dari 23 SMA/sederajat dan kader konservasi dari Kalimantan Barat dan Batam. Dari 165 tim ini termasuk dalam 55 tim yang terdiri dari 30 tim putra dan 25 tim putri.

Pada hari Jumat, 27 September 2019, peserta Wanagama Rally XV ini telah mengikuti talkshow yang bertema “Satu Sampah Seribu Masalah”. Pembicara dalam acaraini yaitu Nadine Chandra Winata (environmentalist), Ir. Dyah Murtiningsih, M.Hum. (direktur kawasan konservasi jendral KSDAE), dan RatihPermithaSyury (World Wide Fund Nature Bali) serta moderator Wawan Wiryawan (Kepala SPTN I Taman Nasional Gunung Merapi). Selanjutnya peserta melakukan kegiatan Pariwisata Bahari Di Pantai Goa Cemara, Bantul. Di lokasi tersebut,peserta diberi materi tentang pentingnya konservasi dan juga melakukan aksi bersih pantai. Selain itu, terdapat berbagai materi indoor yang terdiri dari materi pengenalan sejarah Hutan Pendidikan Wanagama I, pemanfaatan barang bekas, dan film dokumenter bertema lingkungan. Materi outdor yaitu outboond  dan lomba jelajah hutan.

Pada hari Minggu, 29 September 2019 merupakan pucak acara WR XV, yaitu lomba jelajah hutan. Titik start terdapat di Wanagama 1000 selfie. Terdapat dua etape dalam lomba kali ini yaitu etape ketepatan dan kecepatan. Dalam etape ketepatan terdapat tiga pos yang tersebar di sepanjang jalur, dan etape kecepatan terdapat lima pos. Di garis start peserta dibekali peta ketepatan dan kecepatan. Dalam setiap pos peserta harus  melakukan pounch pada kartu kontrol sesuai pos yang telah dianggap dilewati. Peserta harus menandai kartu kontrol dengan pounch yang terdapat di kelima pos kecepatan. Pemenang lomba jelajah hutan diantaranya tim dari SMA Negeri 8 Yogyakarta berhasil menjadi Juara I Putra, SMA Negeri 1 Salatiga Tim A berhasil menjadi Juara II Putra, dan SMK Negeri 2 Surakarta berhasil menjadi Juara III Putra. Sedangkan dari tim putri terdapat MA Mu’allimat Muhammadiyah A berhasil menjadi Juara I Putri dari, SMA Negeri 1 Bawang berhasil menjadi Juara II Putri, dan SMA Negeri 1 Sukoharjo berhasil menjadi Juara III Putri. Kemudian SMA Negeri 8 Yogyakarta berhasil menjadi Juara Umum dan Juara Favorit dari Kontingen A BKSDA Kalimantan Barat yang merupakan pilihan dari panitia. Setelah sambutan oleh Ardelia Reza Arthaviana selaku Ketua Panitia, Dede Candra Sunarso selaku Ketua Mapala Silvagama, Taman Nasional Gunung Merapi oleh Mbak Ami selaku Kepala Balai TNGM serta Pembina Mapala Silvagama, Pak Joko selaku perwakilan dari Fakultas Kehutanan sekaligus menutup kegiatan WR XV 2017, para pemenang dipanggil satu per satu untuk menerima hadiah dan trophy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by Spam Master