“Penanaman Hutan Kota di Stadion Mandala Krida”

Yogyakarta, 26 Juni 2011

Hutan kota, istilah ini dipakai untuk menggambarkan sekumpulan pohon yang berasosiasi secara kompak dan berlokasi disekitaran kota. Saat ini, pepohonan di kota sangat dibutuhkan, polusi udara yang berasal dari kendaraan bermotor yang populasinya tinggi dapat dikurangi dengan adanya pohon. Sifat pohon yang menyerap karbon akan sangat berguna untuk mengurangi poulsi, belum lagi sifat pohon lainnya yang juga menguntungkan, seperti kemampuannya menyimpan air yang mengurangi resiko banjir di daerah perkotaan juga sebagai “keranjang” penampung, penyimpan air, dan penyalur air, sehingga air dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Oleh karena itu, Mapala Silvagama bersama anggota Silvagama Green Community yang berasal dari berbagai SMA di Yogyakarta, melakukan penanaman untuk hutan kota di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Bibit yang ditanam sejumlah 50 bibit, yang disebar di sekeliling taman Stadion Mandala Krida. Penanaman kali ini dilakukan dimusim kemarau memang, menyebabkan banyak pertanyaan muncul, mengapa menanam di musim kemarau? Tapi kali ini, penanaman dilakukan dengan perawatan tertentu yakni metode infus. Metode infus dilakukan dengan meletakkan botol minuman bekas 1,5 L yang sudah dilubangi sedikit tutupnya dan diisi dengan air. Sedikit demi sedikit air akan terus menetesi bibit yang ditanam, dengan begitu bibit akan terus diairi bahkan saat musim kemarau ini. Botol akan bertahan selama 4-5jam setelah diisi penuh, dengan begitu kita butuh mengisinya per hari. Hal ini mengajarkan kepada generasi muda untuk peduli terhadap yang kelangsungan kehidupan pohon dengan rutin “menjenguknya” dan mengisi botol airnya.

Dengan penanaman hari ini, diharapkan kedepannya generasi muda lebih peduli dengan lingkungan dimulai dengan menanam. Kegiatan hari ini adalah awal mula untuk tindakan besar selanjutnya. Silvagama Green Community, yang Muda Yang Berkarya, Aksi Nyata Untuk Bumi Kita!

Mapala Silvagama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by Spam Master