Mapala SIlvagama Perkenalkan Taman Nasional Melalui Sebuah Buku

Mapala Silvagama Fakultas Kehutanan UGM telah resmi merilis sebuah buku berjudul “Cerita dari Timur” pada tanggal 2 Mei 2016. Buku ini dirilis dalam acara Seminar Hasil Ekspedisi Taman Nasional dan Launching Buku “Cerita dari Timur” yang diadakan di Auditorium Fakultas Kehutanan UGM. Buku tersebut ditulis oleh empat anggota Mapala Silvagama yakni Indra Hermawan, Novitasari Ratna Dewi, Okti Fathony Purnama, dan Dyah Ratna Widi Atmaja.

Buku ini merupakan buah hasil dari perjalanan tim  Ekspedisi Taman Nasional  Mapala Silvagama yang diadakan di empat taman nasional timur nusantara yakni Taman Nasional Wasur, Taman Nasional Lore Lindu, Taman Nasional Aketajawe Lolobata dan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung pada tahun 2014 silam.

Buku yang dieditori oleh Rama Ardana Astraatmaja ini mengungkap berbagai hal menarik yang terjadi pada masing-masing Taman Nasional. Dirangkai dalam suatu kronologis peta historis, buku ini mengulas bagaimana keempat kawasan pelestarian alam di timur nusantara ini menjadi cerminan dinamika yang terjadi pada taman nasional di seluruh Indonesia. Selain pada topik yang diangkat, potret-potret pada setiap taman nasional tentunya menjadi suguhan yang menarik dari buku ini.

cerita dari timur_depan

“Buku ini merupakan salah satu cara kami dalam melaksanakan tanggung jawab moral sebagai mahasiswa kehutanan yakni dengan mengulas taman nasional dan memperkenalkannya kepada khalayak luas” tutur Novitasari dalam acara Launching Buku Cerita dari Timur.

Buku yang berjudul Cerita dari Timur ini turut menggandeng badan penerbit dari Universitas Gadjah Mada yakni UGM Press. Proses yang panjang memang. Dalam kurun waktu dua tahun buku ini terbentuk melalui empat tahap yakni pengumpulan data, penulisan naskah, layouting dan proses pencetakan. “Buku ini merupakan hasil semangat yang luar biasa. Ini menjadi salah satu kebanggan Mapala Silvagama dan tentunya Universitas Gadjah Mada” papar Cahyo Alkantana (Underwater Cinematographer, Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Percepatan Pengembangan Wisata Petualangan) selaku pembicara dalam Launching buku tersebut.

Dalam acara Seminar Hasil Ekspedisi Taman Nasional dan Launching buku “Cerita dari Timur” ini turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Kehutanan UGM selaku pemberi sambutan dalam acara, Perwakilan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, beberapa Kepala Balai dan perwakilan dari Taman Nasional di Indonesia, Kepala BKSDA Yogyakarta, dosen Fakultas Kehutanan UGM, mahasiswa, dan tamu undangan lain.

Setiap taman nasional di Indonesia memiliki kisah atau pun permasalahan yang berbeda-beda. Harapannya melalui buku ini masyarakat akan semakin peduli terhadap taman nasional dan sadar bahwa taman nasional merupakan milik semua masyarakat di Indonesia.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInShare on TumblrPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *