Gunung Kidul Diusulkan Jadi Taman Bumi Dunia

Gunung Kidul (ANTARA News) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mengusulkan Gunung Kidul menjadi taman bumi dunia untuk melestarikan kawasan batuan karst di kabupaten ini.

Usul akan disampaikan kepada Global Geopark Network UNESCO (Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan), kata Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunung Kidul, Birowo Adji di Wonosari, Sabtu.

“Kalau tidak segera ditangani, kawasan karst di Kabupaten Gunung Kidul dengan potensi keindahan geologinya dapat habis ikut ditambang,” katanya.

Dia mengatakan dengan menjadi taman bumi dunia atau kawasan geopark internasional kelestraian lingkungan terjaga dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, salah satu syarat untuk menjadi taman bumi dunia adalah pengelolaan yang mengedepankan kearifan lokal.

“Sejumlah geoheritage di Gunung Kidul sudah dikelola oleh masyarakat melalui kelompok sadar wisata sehingga pengelolaannya menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki untuk menuju Gunung Kidul sebagai taman bumi dunia,” katanya.

Dia mengatakan dengan status geopark internasional atau taman bumi dunia membantu pengembangan kawasan geoheritage dan pariwisata internasional. (*)

ANT/N002/AR09

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInShare on TumblrPin on Pinterest

24 thoughts on “Gunung Kidul Diusulkan Jadi Taman Bumi Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *